Kunjungan Kemitraan KOBI-IBI ke BPS dan BAPPENAS

Pada  Selasa, 27 Juni 2023, telah dilakukan kunjungan ke Badan Pusat Statistik (BPS) dan Badan perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) oleh Dr. Nur Susanto dan Bapak Barano Siswa sebagai perwakilan KOBI-IBI dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) Universitas Gadjah Mada dan Komite KOBI-IBI. Kunjungan dilakukan dalam rangka pelaksanaan audiensi antara KOBI-IBI dengan masing-masing lembaga terkait Indeks Biodiversitas Indonesia (IBI).

 

Audiensi KOBI-IBI bersama dengan pihak Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik, Bapak Moh. Edi Mahmud dilaksanakan mulai pukul 10.00 hingga pukul 12.00 WIB. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik, Badan Pusat Statistik, Jl. Dr. Sutomo No. 6-8, Jakarta Pusat.

Pada pertemuan ini, KOBI-IBI menyampaikan pembaharuan terkait kegiatan dan rencana kegiatan penyusunan Indeks Biodiversitas Indonesia (IBI). KOBI juga meminta insight kepada BPS terkait sisi perencanaan dan sisi formulasi kebijakan. Kesimpulan dari kegiatan audiensi bersama dengan KOBI-IBI adalah perlunya menguatkan tata kelola dari dua arah, yaitu, atas, dipayungi secara global dan nasional, dan bawah, dengan kerjasama teknis.

Audiensi kedua dilaksanakan antara pihak KOBI-IBI bersama Kementerian PPN/BAPPENAS yang berlokasi di Jl. Taman Suropati No.2, Menteng, Jakarta Pusat. Pertemuan tersebut berlangsung mulai pukul 15.00  hingga pukul 16.00 WIB.

Pada pertemuan tersebut, BAPPENAS menyampaikan keinginan melakukan bioprospecting dan potensi peluang di lembaga pendidikan. IBI kedepannya perlu melihat tren bisnis, kualitas, dan kuantitas spesies untuk rotasi life cycle keanekaragaman hayati, bioeconomy, dan bioprospecting. Selain itu, KOBI-IBI sedang mengupayakan meningkatkan kredibilitas institusi indeks namun diperlukan perencanaan yang lebih matang.